Monday, June 01, 2009

Chartered Bank di Kali Besar

Foto tahun 1940-an mengabadikan sejumlah bangunan tua di Jalan Kali Besar Barat, Jakarta Kota. Paling kiri adalah gedung Chartered Bank India, Australia, dan China yang hingga kini masih berdiri. Gedung berlantai dua ini didirikan pada abad ke-19 atau sekitar 100 tahun lalu. Dahulu gedung ini bernama Nacionale Handels Bank. Keberadaan bangunan ini dengan bangunan lain di sepanjang Kali Besar Barat membentuk suatu lingkungan yang mengingatkan lingkungan perkotaan di Eropa masa lampau, dan memiliki gaya tarik tersendiri.


Pada 1965, ketika berlangsung konfrontasi terhadap Malaysia, yang oleh Bung Karno dianggap sebagai proyek Nekolim (Neo Kolonialisme, Kolonialisme, dan Imperialisme), perusahaan-perusahaan milik Inggris--yang mendukung Malaysia--oleh Bung Karno diambil alih. Termasuk Chartered Bank yang kemudian dijadikan sebagai Badan Usaha Negara. Kemudian menjadi Bank Negara Indonesia Unit IV. Pada masa Orba, BNI Unit IV dijadikan Bank Bumi Daya.

Di pinggir gedung tampak trem dari Pasar Ikan, Jakarta Utara, menuju Meester Cornelis (Jatinegara), sementara beberapa mobil merek Austin dengan kap yang bisa dibuka tutup tengah markir di depannya. Pada 1950-an, mobil ini dirombak menjadi angkutan umum yang oleh orang Betawi disebut Ostin. Terlihat kereta berkuda (delman) yang tengah mencari muatan. Bekas gedung Chartered Bank dengan arsitektur gaya neo klasik Renaissance pernah menjadi salah satu arsitektur terindah di Batavia.

Di sebelahnya (berdempetan), terdapat bangunan bersejarah lainnya bernama Toko Merah. Juga masih tetap berdiri dengan kokoh hingga sekarang, meskipun telah berusia lebih tiga abad. Gubernur Jenderal Gustaf Baron van Imhoff membangun gedung berlantai dua ini pada 1730. Sejumlah gubernur jenderal VOC pernah mendiami gedung ini yang kala itu berada di tengah-tengah pusat kota. Hanya sekitar puluhan meter dari gedung Balai Kota (Stadhuis), yang kini menjadi Museum Sejarah DKI Jakarta. Gedung ini pernah menjadi kampus Akademi Maritim (Academiede Marine) dan sekaligus menjadi asrama para kadet.

No comments: